sekretariat

RAPAT AKSELERASI DAN PELATIHAN APLIKASI SATU DATA PROVINSI KEPULAUAN RIAU TAHUN 2011-2015

Dalam rangka kegiatan Koordinasi dan Akselerasi Program Kerja Bidang Pendataan yang dilaksanakan untuk penyempurnaan elemen data Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Provinsi Kepulauan Riau Tahun 2011 – 2015, Bappeda khususnya Bidang Pendataan dan Publikasi Pembangunan menyelenggarakan rapat yang disejalankan dengan pelatihan aplikasi satu data pada hari Rabu tanggal 16 November 2016 di Ruang Rapat Utama Gedung A Lt.4 Dompak. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan aplikasi satu data kepada agen data setiap Perangkat Daerah. Aplikasi satu data ini di jelaskan oleh  Konsultan dari PT. Waditra Reka Cipta, Bapak Rahman Pramono dan dipimpin oleh Kepala Bidang Pendataan dan Publikasi Pembangunan Bappeda Provinsi Kepulauan Riau, Bapak  Drs. M. Darwin, MT.

Pada kesempatan ini Kepala Bidang Pendataan dan Publikasi Pembangunan, Bapak Drs. M. Darwin, MT menyampaikan bahwa aplikasi satu data pembangunan ini di latar belakangi oleh :

a)Sistem informasi / sumber data masih tersebar di setiap Perangkat Daerah (PD) pengelola maupun penyelenggara kegiatan pemerintah dan hak aksesnya masih bersifat lokal;

b)Duplikasi data terjadi di beberapa pengelola dan penyelenggara sistem informasi pemerintah dan belum terintegrasi

c)Sinergi informasi digital antar instansi belum ada;

d)Validasi data secara elektronik belum dapat dilakukan untuk mendapatkan data yang akurat;

e)Keamanan terhadap kerusakan data digital belum terjamin;

f)Ego sektoral organisasi sebagai pemilik data.

Kemudian beliau menyampaikan maksud dari aplikasi satu data adalah  mewujudkan sistem informasi manajemen data yang terpadu di lingkungan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau sehingga tercipta koordinasi, integrasi dan sinkronisasi data dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan pembangunan dengan menggunakan TIK

 

Sedangkan tujuan dari aplikasi satu data pembangunan adalah :

a)Terintegrasikannya data/informasi antar dinas/instansi/lembaga dengan cepat, mudah, baik dan berkelanjutan;

b)Terciptanya koordinasi, integrasi dan sinkronisasi dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian pembangunan;

c)Terwujudnya prosedur yang mudah dan cepat dalam konsolidasi data antar dinas/instansi/lembaga;

d)Terwujudnya sistem informasi data yang terpadu di lingkungan pemerintah Provinsi Kepulauan Riau;

e)Tersedianya data dan informasi daerah yang akurat, valid dan up to date;

f)Terwujudnya peningkatan kinerja instansi pemerintahan;

g)Terjadinya peningkatan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah;

h)Terwujudnya pelayanan prima di bidang data dan informasi

Pada kesempatan ini diberikan nama user dan alamat email serta password kepada setiap perwakilan PD untuk mengakses pada aplikasi satu data, baik sebagai User Pengentri maupun sebagai verifikasi dari PD. Konsultan dari PT. Waditra Reka Cipta, Bapak Rahman Pramono menyampaikan Berikut rangkaian pentahapan dalam menjalankan aplikasi satu data yaitu sebagai berikut:

a.Pastikan komputer terkoneksi dengan jaringan aplikasi satu data;

b.Buka browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Internet Explorer dll;

c.Masukan url aplikasi Satu Data;

d.Klik Login;

e.Masukan username dan password;

f.Login menggunakan User SKPD sebagai user pengentri;

g.Menu input data merupakan menu yang digunakan oleh user pengentri (user SKPD) untuk menginput form data;

h.Pilih dropdown Bidang Urusan, Elemen Data, Wilayah kemudian masukan Tahun setelah itu klik tombol  ‘Reload Data Elemen’  untuk menampilkan element yang akan di input;

i.Isi Jumlah, Status Data dan Sumber Data/Keterangan kemudian klik ‘Simpan’;

j.Menu status data merupakan menu yang digunakan oleh user pengentri (user SKPD) untuk melihat dan mencari list data;

k.Pilih dropdown Nama Bidang, Elemen Data, Wilayah kemudian masukan Tahun setelah itu klik tombol  ‘Cari’ untuk menampilkan list data;

l.Menu data profil merupakan menu yang digunakan oleh user pengentri (user SKPD) untuk melihat data profile yang telah di input;

m.Menu Data Elemen merupakan menu yang digunakan oleh User SKPD dan Bappeda untuk mengelola elemen data dengan menambah atau menghapus data.;

n.Pilih dropdown Nama Bidang, Elemen Data kemudian masukan Tahun setelah itu klik tombol  ‘Cari’  untuk menampilkan list data;

o.Untuk menambahkan list data klik tombol ‘Tambah Data’  maka form data akan muncul; dan

p.Isi kolom-kolom yang tersedia setelah itu klik tombol ‘Simpan’ maka akan muncul di Nama Elemen/Indikator.

Kepala Sub bidang Statistik dan Pendataan, Bapak Harry Prima Putra M.Si menyampaikan bahwa acara hari ini diselenggarakan untuk memastikan apakah indikator yang ditampilkan sesuai dengan kewenangan setiap SKPD. Untuk itu perlu dipraktekkan bagaimana cara menambahan indikator sesuai kewenangan. Target acara hari ini adalah bisa menginput indikator dan capaian target kedepan. Indikator yang ditampilkan dalam aplikasi satud ata ini adalah hasil kompilasi dari indikator pada RPJMD, SIPD, Renstra, Renja, LAKIP dan LKPJ.

Dalam kesempatan ini juga disampaikan oleh Bapak Darwin bahwa setiap perwakilan PD sepakat untuk bertanggung jawab menginput data- data indikator ini. Inputing akan dilaksanakan dalam satu minggu ke depan kemudian satu minggu berikutnya akan diverifikasi. Target kedepannya adalah awal Bulan Desember aplikasi satu data ini akan dilaunchingkan. Untuk nama PD  nanti akan disesuaikan dengan Perda SOTK yang baru. Sedangkan nama indikator disesuaikan dengan kewengan PD sesuai dengan RPJMD. Ada beberapa indikator  yang tidak ada dikewenangan namun dianggap urgen seperti data migas tetap dimasukkan dalam aplikasi satu data ini. Untuk koordinasi antara tim satu data ini dengan Bappeda, maka akan dibentuk grup WhatsApp (WA) Satu Data Kepri untuk mempermudah komunikasi.  (Sekar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *